Catatan Harian Seorang Blogger Pemula 

Sharing is caring!

Setelah lima tahun bergelut dalam dunia blogging, saya belum pernah menceritakan kehidupan saya sebagai seorang blogger.  Banyak sekali pengalaman pahit dan manis yang saya alami menjadi seorang blogger, walau masih pemula tapi saya tidak menyangka sudah bisa berkembang sejauh ini.

Awal menjadi seorang blogger saya termotivasi karena sering nongkrong di warnet. Di sana saya menghabiskan waktu justru menjadi seorang gamer. Bahkan dalam dalam satu minggu saya bisa pulang hanya satu kali saja. Mandi dan makan biasa saya lakukan di warnet.

Namun suatu ketika, saya dimintai tolong oleh seorang teman untuk membuat sebuah blog. Konten yang dia minta tentang pelajaran IPA, kebetulan dia berani membayar saya untuk dibuatkan blog tersebut.

Sebelum saya mulai membantu pekerjaan rumah dia, saya awalnya mencari tahu terlebih dulu apa sih blog itu. Hingga saya diarahkan pada blogger terkenal seperti Raditya Dika. Melihat dia bisa sukses sebagai seorang blogger, saya menjadi tertantang.

Maka saya buat sebuah blog yang lahir dari pekerjaan rumah seorang teman tadi.

Singkat cerita, dari awal yang modal tantangan dan benar-benar dari nol, pada tahun ini saya sudah bisa merasakan banyak hal menjadi seorang blogger. Meski saya merasa pencapaian ini belum sebesar yang lainnya, tapi saya tetap bersyukur sembari melakukan pengembangan lebih lanjut lagi.

Dukanya Menjadi Seorang Blogger Pemula

Apapun itu, tentu ada sisi positif dan negatif, ada juga sisi duka dan juga bahagia. Berikut ini adalah beberapa duka yang saya sarakan ketika  menjadi seorang blogger pemula.

  1. Aktivitas Blogging Terkadang Lewat Handphone

Mencari referensi untuk isi konten bukanlah hal yang mudah. Ada banyak topik yang ingi saya bahas, namun tetap sesuai dengan tema yang saya ambil lewat blog. Oleh karena itu, saya perlu waktu yang cukup lama untuk menemukan isi konten. Jika melakukannya saat di warnet, waktu saya untuk bermain game bisa terpotong dong? Hehehe.

  1. Orang Tua Selalu Marah dan Tidak Setuju

Sejauh ini saya memaklumi betul, bahwa orang tua ingin yang terbaik bagi anaknya. Jadi melihat saya yang seharian di rumah hanya internetan saja mereka menjadi marah. Bahkan ketika saya jelaskan untungnya menjadi seorang blogger pun mereka tetap mengelak.

Namun sekarang melihat saya sudah bisa menghasilkan sedikit uang dari hobi ini, mereka sudah mulai melunak. Tapi tetap saja, mereka ingin melihat anaknya menjadi seorang arsitek.

  1. Siang Tidur Malam Blogging

Seperti makhluk nokturnal, saya sangat aktif ngeblog saat malam hari. Jam tidur saya tidak bisa teratur, begitu juga dengan waktu makan. Tapi mau bagaimana lagi? Ide baru bisa muncul saat malam saja. Kebetulan beberapa rekan blogger saya juga banyak yang pola hidupnya sama.

Baca juga : Tips Jitu Menang Capsa Banting Di Situs Agen Poker IDN

Suka dan Enaknya Menjadi Blogger

Setali tiga uang dengan beberapa hal diatas, saypun juga merasakan beberapa hal menyenangkan dari aktivitas blogging, diantaranya seperti:

  1. Mendapat Banyak Teman Baru

Ada banyak sekali teman saya yang bertemu lewat forum blogging. Dari situ kami biasa bertukar ide, memberi saran, serta berbagi pengalaman. Manfaat dari relasi ini adalah blog saya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Dari ang sebelumnya tidak ada pengunjung, mulai ada trafik meskipun hanya sedikit dan terus merangkak.

  1. Mendapatkan Uang

Awalnya saya tidak percaya bahwa menjadi seorang blogger bisa menghasilkan uang. Tapi hal ini terbukti setelah teman saya memberitahu caranya. Hal ini tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan, karena bisa mendapatkan uang dari jerih payah sendiri. Walau belum seberapa, tapi saya sebisa mungkin menabungnya. Hingga bisa memberi pembuktian pada kedua orang tua saya.

Mungkin hanya sejauh itu saja suka dan duka yang bisa saya ceritakan saat menjadi seorang blogger. Saya juga masih aktif ngeblog dan meneruskan kuliah saya. Ya mau bagaimana lagi? Saya berusaha memenugi harapan orang tua agar bisa menjadi seorang arsitek.

Meta

Judul: Catatan Harian Seorang Blogger Pemula

Deskripsi: Banyak sekali pengalaman pahit dan manis yang saya alami menjadi seorang blogger, walau masih pemula tapi saya tidak menyangka sudah bisa berkembang sejauh ini.

Keyword : –