A to Z Manfaat Punya Sahabat Pena

Sharing is caring!

penfriends-international.com – Pada masanya sahabat pena pernah menjadi tren di kalangan remaja tahun 80an. Memiliki sahabat pena terutama dari luar negeri merupakan privilege anak-anak zaman itu. Satu sama lain akan membandingkan dan menceritakan serunya memiliki sahabat pena.

A to Z Manfaat Punya Sahabat Pena

Di zaman internet dengan kecepatan yang sudah mencapai megabit ini, kegiatan korespondensi dengan sahabat pena mengalami metamorphosis. Dari bersurat-suratan dengan kertas dan perangko yang membutuhkan waktu lama, kegiatan sahabat pena kini berwujud dalam bentuk email ataupun text message di media sosial. Walaupun secara media berubah, namun esensinya tetap sama yaitu memiliki sahabat jarak jauh yang terkadang berasal dari negara berbeda dan berkomunikasi secara rutin.

Apa saja sih sukanya memiliki sahabat pena zaman kini? Berikut sedikit ulasannya.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri memulai komunikasi dengan orang yang baru dikenal

Memiliki sahabat pena tentu saja akan menambah kepercayaan dirimu. Apalagi jika sahabat penamu berasal dari negara yang memiliki bahasa dan budaya yang berbeda. Tentu ini akan menjadi tantangan bagi kalian untuk tetap dapat berkomunikasi. Sedangkan secara psikologis, memulai percakapan dengan orang baru dikenal membuat dirimu menjadi lebih terbuka dan fleksibel yang baik untuk kemampuan softskillmu.

  1. Dengan memiliki sahabat pena terutama dari negara yang berbeda, kemampuan bahasa Inggris akan meningkat

Setelah berhasil menjalin komunikasi dengan sahabat pena yang berasal dari negara berbeda, tentu kalian berdua akan menggunakan bahasa internasional untuk berkomunikasi yaitu Bahasa Inggris. Sebagai negara dengan kemampuan bahasa inggris pasif, kesempatan ini tentu dapat membantu perkembangan bahasa Inggrismu menjadi lebih baik dan lebih luwes. Walaupun sesekali kamu akan tetap meminta bantuan Google, tapi biasanya mereka memahaminya dan tidak akan merendahkanmu.

  1. Sahabat pena yang memiliki kesamaan hobi atau yang lain akan memberikan wawasan lebih tentang kesamaan itu

Seseorang menjadi sahabat pena karena ada sebuah kesamaan. Bisa itu kesamaan hobi, pola pikir atau hal yang sedang dicari. Dengan memiliki satu kesamaan akan melebar kepada kesamaan yang lain. Jikapun tidak ada, maka perbedaan antara kalian berdua akan membuat kalian belajar untuk saling memahami sehingga dengan demikian kalian mendapatkan tambahan wawasan yang dapat membuatmu menjadi lebih luwes dalam berkomunikasi.

  1. Berkomunikasi secara intens memberikan dampak positif pada psikologis seseorang

Setiap kita membutuhkan untuk memiliki hubungan dengan orang lain karena kita adalah makhluk sosial. Komunikasi yang intens akan membantumu menjadi lebih rileks, terbuka dan memiliki sifat tenggang rasa yang sangat diperlukan dalam berhubungan dengan orang lain.

  1. Sahabat pena bisa menjadi keluarga angkat

Biasanya, setelah berkomunikasi cukup intens, bila mampu, satu sama lain akan berjanji untuk saling mengunjungi. Disini terjadi ikatan kekeluargaan antara keluargamu dan keluarga sahabat penamu. Tentu saja hal ini membuatmu tambah bahagia karena memiliki keluarga angkat. Dan hubungan ini dapat berlangsung selama bertahun tahun. Tidak jarang terjadi, hubungan erat ini justru membuka peluang lain seperti sekolah atau bekerja di negara sahabat penamu.

Baca juga : Mau punya sahabat pena? Cek di situs-situs ini ya!

  1. Pertukaran budaya dan kebiasaan

Ketika komunikasi semakin sering, tentu kamu akan saling bertukar informasi budaya dan kebiasaan. Apa yang biasa dan tidak biasa terjadi di masing-masing negara/daerah. Di sini kamu harus bisa memfilter supaya nilai-nilai positif yang kamu yakini tidak berubah. Beberapa kasus, seseorang menyerap budaya yang bersifat negatif dari sahabat penanya. Jangan sampai terjadi padamu dan sahabat penamu ya!

Menyenangkan bukan memiliki sahabat pena? Sama seperti memiliki tetangga, sahabat pena merupakan bentuk tetangga jarak jauh yang memiliki kesamaan visi dan pola pikir. Ambil sebanyak mungkin manfaatnya dan minimalkan dampak negatifnya. Karena akan selalu hal positif dan negatif dalam segala hal.